Labels

Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Seni





          Kata “seni” adalah sebuah kata yang semua orang di pastikan mengenalnya, walaupun dengan kadar pemahamanyang berbeda, ada seorang ahli seni mengatakan bahwa kata seni berasal dari kata sani yang artinya “jiwa yang luhur/ketulusan jiwa” tetapi meurut kajian ilmu Eropa mengatakan art (artivisial) yang artinya kurang lebih adalah barang/karya dari sebuah kegiatan. Seni adalah salah satu unsur kebudayaan yang tumbuh dan berkembang sejajar dengan perkembangan manusia selaku pengubah dan penikmat seni. Kebudayaan adalah halis pemikiran, karya, dan segala aktivitas yang merefleksikan naluri secara murni.
Seni memiliki nilai estetis (indah) yang disukai oleh manusia yang mengandung ide-ide yang dinyatakan dalam bentuk aktivis atau rupa sebagai lambing. Dengan seni kita mendapatkan kenikmatan sebagai akibat dari refleksi perasaan terhadap stimulus yang kita terima, kenikmatan seni bukanlah kenikmatan fisik lahiriah, melainkan kenikmatan batiniah yang muncul jika kita menangkap dan merasakan simbol-simbol estetika dari pengubah seni dalam hasil ini seni memiliki nilai spiritual. Para ahli membuat definisi seni untuk mempermudah pemahaman kita dalam menilai seni. Konsep yang muncul bervariasi sesuai dengan latar belakang pemahaman dan penghayatan para ahli tersebut. Beberapa definisi tersebut antara lain.

1.       Ensiklopedia Indonesia
Seni adalah penciptaan benda atau segala hal yang karena keindahan bentuknya, orang senang melihat atau mendengar.

2.       Ki Hajar Dewantara
Seni merupakan perbuatan manusia (penggubah) yang timbul dari perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapat menggerakan jiwa dan perasaan manusia.

3.       Aristoteles
Senia adalah peniruan bentuk alam dengan kereativitas dan ide penggubahnya agar lebih indah.



0 komentar:

Posting Komentar