Labels

Fungsi dan tujuan seni



          Menurut antropologi, kesenian adalah salah satu unsur budaya mausia. Kita dapat merasakan dalam pengalaman hidup sehari-hari, betapa kita sangat membutuhkan sarana berekspresi dan menikmati keindahan dalam berbagai bentuk.
Berdasarkan fungsinya sebagai pemenuh kebutuhan, seni dipilih menjadi beberapa kelompok.
1.       Fungsi Individual
Manusia terdiri dari unsur fisik dan psikis. Salah satu unsur psikis adalam emosi. Maka fungsi individual ini dibagi menjadi fungsi pemenuhan kebutuhan seni secara fisik dan psikis/emosional.

a.       Fisik
Fungsi ini banyak dipenuhi melalui seni pakai yang berhubungan dengan fisik, seperti busana, perabot, rumah, dan sebagainya. Contohnya adalah music pengiring senam.

b.      Emosional
Depenuhi melalui seni murni, baik dari segi pembuat/pengubah, maupun konsumen penikmat. Contohnya: lukisan, novel, music, tari, film dan sebagainya.

2.       Fungsi social
Fungsi social artinya dapat dinikmati dan bermanfaat bagi kepentingan orang banyak dalam waktu relative bersamaan. Fungsi social di kelompokan menjadi beberapa bidang.

a.       Rekreasi/hiburan
Seni dapat dijadikan sarana melepas kejenuhan atau mengurangi kesedihan. Hal ini dapat terjadi misalnya pada saat kita menyaksikan music, tarian, film, dan lawak.

b.      Komunikasi
Seni dapat digunakan untuk mengkomunikasikan sesuatu, seperti pesan, kritik, kebijakan, gagasan, dan produk kepada orang banyak, contohnya: lagu, balada, poster, drama komedi dan reklame.
c.       Pendidikan
Pendidikan juga memanfaatkan seni sebagai sarana penunjangan, contohnya: gambar, ilustrasi buku pelajaran, film ilmiah, documenter, poster ilmiah, dan foto.

d.      Religi/keagamaan
Karya seni dapat dijadikan ciri atau pesan keagamaan, contohnya: kaligrafi, busana muslim, dekorasi rumah ibadah, dan lagu-lagu rohani.  

1 komentar: