Labels

Seni sebagai Kreativitas



          Manusia memiliki kelebihan berupa akal pikiran, kalbu, emosi, napsu, dan kemampuan membuat sesuatu. Usaha menggunakan akal pikiran untuk membuat sesuatu (kreasi) yang baru, baik nyata atau abstrak disebut kretivitas. Proses kreasi seni mempunyai ciri khusus, antara lain seperti berikut ini:
1.       Unik
Unik artinya sesuatu yang lain dari pada yang lain, yang belum pernah di buat orang sebelumnya, baik dalam hal ide, teknik, dan media.

2.       Individual
Artinya memiliki kekhususan ciri dari seniman pembuatnya, yang berbeda dengan senimanlain karena perbedaan pandangan, penghayatan, pengalaman, dan teknik dalam membuat karya seni.

3.       Ekspresif
Karya selalu merupakan curahan batin berupa penjabaran dari ide, renungan perasaan atau pengalaman seniman. Seni tanpa curahan batin akan kelihatan kering tak dapat menyentuh perasaan para penikmatnya.

4.       Universal
Karya seni dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat, bangsa, dan generasi karena adanya persamaan rasa estetik dan artistik.

5.       Survival (Tahan Lama)
Nilai dalam suatu karya seni dapat dinikmati sepanjang masa karena nilai estetikanya bersifatnya konsisten. Contohnya, karya seni peninggalan zaman kuno masih bias kita nikmati sekarang.

0 komentar:

Poskan Komentar